[Aksi Kamisan Bandung Ke 214]

Aksi Kamisan dan Peringatan Hari Toleransi Sedunia
Kamis, 16 November 2017 pukul 14.00 – 18.00 WIB
Depan Gedung Sate

Di penghujung tahun 2006, Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK), yaitu sebuah paguyuban korban/keluarga korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) mengadakan sharing bersama JRK (Jaringan Relawan Kemanusiaan) dan KontraS untuk mencari alternatif kegiatan dalam perjuangannya. Pada pertemuan hari Selasa, tanggal 9 Januari 2007, bersama KontraS dan JRK, disepakati untuk mengadakan suatu kegiatan guna bertahan dalam perjuangan mengungkap fakta kebenaran, mencari keadilan dan melawan lupa. Sebuah kegiatan berupa “Aksi Diam” sekali dalam seminggu menjadi pilihan bersama. Diam dan berdiri sebagai pilihan, karena “diam” tidaklah berarti telah kehilangan hak-hak sebagai warganegara, dan “berdiri” melambangkan bahwa korban/keluarga korban pelanggaran HAM adalah warganegara yang tetap mampu berdiri untuk menunjukkan bahwa punya hak sebagai warga di bumi pertiwi Indonesia dan sadar bahwa hak itu tidak gratis bisa didapat, terlebih-lebih ketika pemerintah tidak mau peduli. Payung hitam dipilih sebagai maskot, simbol perlindungan dan keteguhan iman. Payung merupakan pelindung fisik atas hujan dan terik sinar matahari, dan warna hitam melambangkan keteguhan iman dalam mendambakan kekuatan dan perlindungan illahi.

#BdgLautanDamai (BALAD) adalah gerakan masyarakat sipil di Bandung, yang diinisiasi oleh Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB) untuk memperingati Hari Toleransi Internasional, 16 November. Sejak tahun 2012, bersama sejumlah komunitas keagamaan dan budaya di Kota Bandung, BALAD konsisten mengkampanyekan edukasi publik, lewat berbagai cara kreatif, demi menumbuhkembangkan sikap toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman. Sinergi antar gerakan yang bergerak di isu toleransi, kesetaraan gender dan perjuangan HAM secara umum perlu semakin digalakkan, agar keberagaman lebih genuine memperjuangkan kemanusiaan. Bukan sekedar jargon politis atau slogan yang tidak berakar pada kepentingan masyarakat.

#AksiKamisan #AksiKamisanBandung #AkuKamisan #BaladKamisan #HariToleransi #HapusImpunitas #MenolakLupa #JanganDiamLawan #BdgLautanDamai #BALAD2017 #AksiKamisanBalad

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *