Ajakan Aksi Kamisan Surabaya ke-28 : Tanah Untuk Rakyat!


[Dukungan untuk petani Rembang, petani Surokonto, Batang, warga Sepat, dan seluruh rakyat Indonesia]

Banyaknya kasus agraria di pulau Jawa, sebagaimana disebutkan oleh KPA dan berbagai sumber lainnya. Telah menimbulkan ancaman yang serius terhadap keberlangsungan hidup rakyat, baik sisi ekologi, ekonomi dan sosial. Rakyat yang seharusnya mendapatkan hak atas kelola tanahnya, dipaksa untuk merelakan tanahnya atas nama negara dan pembangunan.

Selain itu dampak ekologi juga mengancam keberlangsungan hidup rakyat, jika tatanan ekologi rusak maka ruang hidup mereka akan terbatas. Secara ekonomi mata pencaharian mereka terancam, terutama bagi petani dan nelayan. Dampak sosialnya ialah terjadi konflik horizontal antar warga, sehingga hak hidup bebas sebagai manusia akan terampas.

Sebagai negara yang demokratis, yang menjunjung tinggi kebebasan bersuara dan berpendapat. Sudah seharusnya pemerintah mendengarkan jeritan rakyatnya, tidak berpihak pada kelompok-kelompok tertentu. Namun harus berpihak pada rakyat, serta melindungi rakyatnya sebagai amanah dari konstitusi. Kasus-kasus yang terjadi, bahkan tindak kekerasan yang dilakukan oleh aparatur negara. Merupakan bentuk tidak amanahnya suatu pemerintahan yang dipilih langsung oleh rakyat. Penghianatan terhadap demokrasi langsung serta konstitusi negara. Seperti yang termaktub dalam Pasal 28 dan 33 UUD RI Tahun 1945.

Oleh karena itu, pemerintah harus berpihak pada rakyat. Menyelesaikan seluruh kasus agraria, dengan memprioritaskan urusan rakyat sebagai yang utama. Melakukan reforma agraria dan menjaga kelestarian lingkungan. Sebagai upaya melindungi hak rakyat atas ruang hidupnya, dan melaksanakan demokrasi sesuai dengan prinsip-prinsip kemanusiaan.

Kamis, 16 Maret 2017
16.00 WIB
Taman Apsari, Surabaya!

Gunakan hitam-hitam! Kalian semua diundang!

#aksikamisansurabaya #aksikamisan#kamisan #tanahuntukrakyat#menolaklupa #dipasungsemen2#tolakpabriksemen #tolakpltubatang#stopkriminalisasipetani

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *